SOAL 1-10
1.
Sunaryo Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD adalah....
A. proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya
| |
B. suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan global
| |
C. pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah laku
| |
D. pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan
|
2.
Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....
A. memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
| |
B. menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
| |
C. memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
| |
D. menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah
|
3.
Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara adalah....
A. membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
| |
B. membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
| |
C. mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnya
| |
D. memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya
|
4.
Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....
A. inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik sentral
| |
B. perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat
| |
C. setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembang
| |
D. prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan
|
5.
Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
A. meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnya
| |
B. mengurutkan cerita sesuai kejadian
| |
C. mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
| |
D. mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya
|
6.
Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....
A. kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
| |
B. kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
| |
C. kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
| |
D. kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus
|
7.
8.
Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....
A. Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping
| |
B. Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas
| |
C. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
| |
D. Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris
|
9.
Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
A. tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
| |
B. tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
| |
C. kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
| |
D. kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
|
10.
Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
A. memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
| |
B. menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
| |
C. meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
| |
D. mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
|