SOAL 21-30
21.
Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
A. mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
| |
B. keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
| |
C. penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
| |
D. perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
|
22.
23.
Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A. kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
| |
B. kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
| |
C. anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
| |
D. kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
|
24.
Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A. terpenuhinya kebutuhan fisik
| |
B. dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
| |
C. meningkatkan harga diri
| |
D. terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
|
25.
Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada anak SD adalah....
A. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
| |
B. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
| |
C. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
| |
D. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya
|
26.
27.
Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen adalah....
A. perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
| |
B. proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
| |
C. perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman
| |
D. pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang
|
28.
Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....
A. belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh
| |
B. belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral
| |
C. aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
| |
D. belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
|
29.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari segi proses adalah....
A. masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
| |
B. interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
| |
C. perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
| |
D. masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas
|
30.
Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
| |
B. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
| |
C. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
| |
D. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
|