Dalam
menyusun butir soal yang baik harus mempertimbangkan segi materi,
konstruksi, dan bahasa. Dari ketiga segi tersebut ciri-ciri soal yang baik adalah :
1. Dari segi materi:
a. Soal sesuai indikator.
b. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas, isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran.
c. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas.
2. Dari Aspek konstruksi:
a. Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.
b. Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan/menyelesaikan soal.
c. Ada pedoman penyekorannya.
d. Tabel,
grafik, diagram, kasus, atau yang sejenisnya bermakna (jenis jenis
keterangannya atau ada hubungannya dengan masalah yang ditanyakan).
e. Butir soal tidak begantung pada butir soal sebelumnya.
3. Dari Aspek bahasa:
a. Rumusan kalimat soal komunikatif.
b. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan jenis bahasanya.
c. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.
d. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan kata lokal).
e. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang menyinggung perasaan siswa.