SOAL 11-20
11.
Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
A. kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
| |
B. dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya
| |
C. aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
| |
D. kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
|
12
Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A. mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
| |
B. menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
| |
C. mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
| |
D. membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
|
13.
Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A. yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
| |
B. cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
| |
C. cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
| |
D. menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
|
14.
Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A. melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
| |
B. anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
| |
C. anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
| |
D. melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
|
15.
Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
A. penghargaan
| |
B. hukuman
| |
C. alat untuk membentuk moral
| |
D. konsistensi
|
16.
Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A. setiap kali anak melakukan kesalahan
| |
B. disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
| |
C. fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
| |
D. dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
|
17.
Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....
A. memberikan hafalan doa harian kepada anak
| |
B. menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
| |
C. memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
| |
D. meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
|
18.
Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini adalah untuk....
A. membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
| |
B. melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
| |
C. melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya
| |
D. membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
|
19.
Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut Hurlock adalah....
A. acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
| |
B. kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
| |
C. anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
| |
D. menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
|
20.
Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A. anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
| |
B. kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
| |
C. kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
| |
D. kemampuan untuk memahami arti dari situasi sosial
|