PERANGKAT PKM
LAPORAN PKM 
  • APKG I dan II 
  • RAT dan SAT 
  • KKO 
  • PIDATO HARI PAHLAWAN 2012

    SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
    PADA UPACARA PENGANUGERAHAN GELAR PAHLAWAN NASIONAL
    Jakarta, 7 November 2012

    Bismillahirrahmanirrahim,
    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    Salam sejahtera bagi kita semua,
    Yang saya hormati Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia,
    Yang saya cintai Keluarga Besar Bung Karno dan Keluarga Besar Bung Hatta,
    Hadirin sekalian yang saya muliakan,
    Segenap Rakyat Indonesia yang saya cintai dan saya banggakan,

    Sungguh merupakan kebahagiaan bagi seluruh rakyat Indonesia, pada hari yang bersejarah dan insya Allah penuh berkah ini, atas rahmat dan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, kita dapat menghadiri Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2012.

    Sebagaimana biasa, menjelang peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada putra-putra terbaik bangsa, yang berjuang dengan gigih baik pada era pergerakan kemerdekaan, era revolusi fisik, hingga era pasca kemerdekaan.

    Pada hari ini, selaku Presiden Republik Indonesia, dan atas nama negara dan pemerintah, dengan rasa syukur dan penuh hormat, menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Drs. Muhammad Hatta, yang selama ini lebih lekat di hati kita dengan panggilan Bung Karno dan Bung Hatta.

    Keduanya merupakan putra-putra terbaik yang pernah dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sejarah mencatat bahwa Bung Karno dan Bung Hatta telah mendarmabaktikan hidup beliau dalam perjuangan untuk mewujudkan Indonesia merdeka.

    Bung Karno dan Bung Hatta merupakan simbol perlawanan terhadap setiap penjajahan. Keduanya juga menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi seluruh Bangsa Indonesia di seluruh pelosok negeri untuk bangkit dan bersatu membela, merebut, dan mempertahankan kemerdekaan dengan tetesan darah, pengorbanan harta-benda, jiwa dan raga.Perjuangan kedua tokoh dan pendiri bangsa ini, terus terpatri di lubuk hati yang paling dalam seluruh rakyat Indonesia.

    Goresan tinta emas sejarah yang telah ditorehkan oleh kedua tokoh besar ini tak akan lekang oleh zaman, dan akan terus tertanam di sanubari kita semua.

    Hadirin sekalian yang saya muliakan.
    Bung Karno dan Bung Hatta adalah dua putra bangsa yang gagasan dan pemikirannya telah mewarnai dan menjadi fondasi konstitusi kita, UUD 1945. Gagasan dan pemikirannya tentang Indonesia yang hendak dibangun dan diwujudkan, terekam pada banyak pemikiran kedua tokoh besar Indonesia ini.

    Sebagai pribadi, kedua tokoh besar itu sungguh merupakan pesona dan kharisma yang tidak mudah dibandingkan. Masing-masing memiliki tempat yang mulia dalam sejarah bangsa, karena ide yang beliau perjuangkan sungguh merepresentasikan cita-cita besar seluruh bangsa indonesia.

    Keduanya telah menancapkan gagasan kebangsaan, demokrasi, ideologi Pancasila, Indonesia sebagai negara hukum, sistem ekonomi kerakyatan, kegotongroyongan, koperasi, dan berbagai gagasan besar lainnya. Gagasan kedua tokoh besar ini terus hidup dalam setiap wacana tentang masa depan Indonesia sebagai bangsa dan negara.

    Bung Karno dan Bung Hatta adalah sumber abadi akan keagungan cita-cita kemerdekaan bangsa. Secara bersama-sama, mereka menjadi sumber abadi yang memelihara ingatan kolektif kita sebagai satu bangsa yang walaupun berbeda-beda, namun telah bertekad untuk terus bersatu, di bawah kibaran Sang Saka Merah Putih.

    Kita juga patut mencontoh, keduanya adalah tokoh dan sosok yang saling melengkapi. Bung Karno adalah pemikir dan pejuang ulung, dan mampu menggelorakan semangat Rakyat untuk mewujudkan cita-citanya.  Bung Karno juga mampu membangun solidaritas negara-negara yang berada dalam penindasan untuk menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Bung Karno juga berada di depan untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan bangsa yang tidak putus dari rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri. Sementara itu, Bung Hatta adalah administrator ulung, ahli ekonomi, dan ahli diplomasi yang juga diakui dan disegani oleh dunia Internasional.

    Jasa Bung Karno dan Bung Hatta melampaui semua imajinasi kita tentang kebesaran tokoh sejarah bangsa-bangsa. Dengan sosok dan karakternya yang kuat, kedua Pahlawan Besar kita itu, Bung Karno dan Bung Hatta, adalah ide tentang Indonesia yang besar, bersatu, adil dan makmur. Mereka pulalah yang meneguhkan kemajemukan sebagai kekuatan, bukan kelemahan.

    Mereka lah yang menjadikan bangsa Indonesia yang besar ini untuk bersatu, tidak terbelah, tidak terpecah. Mereka jugalah yang menjadikan perjuangan untuk mencapai kemakmuran diraih dengan keadilan. Di atas semua itu, Bung Karno dan Bung Hatta mewakili ide tentang negara yang berdaulat dan mandiri; serta negara yang kuat dan sekaligus yang menghormati kemanusiaan.

    Kita patut bersyukur bahwa kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 itu telah dan akan selamanya menjadi tonggak bersejarah yang hidup dalam sanubari kita.

    Walaupun kedua pemimpin itu telah tiada, Bung Karno dan Bung Hatta akan selalu bersama kita. Bersama pahlawan bangsa yang lain, Bung Karno dan Bung Hatta menjadikan Indonesia sebagai sebuah medan perjuangan dan pengalaman yang nyata dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    Hadirin yang saya hormati,
    Rakyat Indonesia yang saya cintai,
    Tanpa bermaksud melakukan pengkultusan terhadap individu Bung Karno dan Bung Hatta, serta terlebih dahulu memohon ridho Allah SWT, pada kesempatan yang baik ini saya akan melengkapi pandangan dan penjelasan tentang sosok kedua tokoh besar tersebut.

    Benar, Bung Karno dan Bung Hatta adalah Proklamator yang aktif merumuskan, menyusun dan mendeklarasikan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia.  Benar, Bung Karno adalah Presiden Indonesia Pertama, dan Bung Hatta adalah Wakil Presiden Indonesia Pertama.

    Namun, kebesaran dan peran sejarah beliau lebih dari itu. Bung Karno dan Bung Hatta adalah tokoh pergerakan nasional dan tokoh pejuang melawan penjajahan, yang harus beberapa kali diasingkan ke tempat pengasingan. Flores, Bengkulu dan Digul telah menjadi saksi sejarah.

    Bung Karno dan Bung Hatta adalah Perintis Kemerdekaan, dan yang berperan penting dalam mengantarkan kemerdekaan itu.

    Bung Karno dan Bung Hatta adalah pemikir, perumus dan peletak dasar-dasar Indonesia Merdeka.

    Dan, keduanya adalah putra-putra  terbaik bangsa yang dihormati dan disegani dunia.

    Hadirin sekalian yang saya hormati,
    Selanjutnya,  saya ingin menambahkan pula sosok dan peran Bung Karno yang telah menjadi bagian penting dalam sejarah Bangsa Indonesia.

    Pertama, adalah pikiran dan pidato Bung Karno yang mengubah jalannya sejarah, yaitu : Indonesia Menggugat, Desember 1929;  Pidato 1 Juni 1945 tentang Pancasila;  dan pidato di depan Sidang Umum PBB, 30 September 1960 yang berjudul "To Build the World Anew".Kedua,  kepeloporan dan kepemimpinan Bung Karno, bersama sejumlah pemimpin dunia yang lain, dalam pembentukan Gerakan Non-Blok, serta Gerakan dan Solidaritas Asia-Afrika.

    Ketiga, komando untuk membebaskan Papua dari tangan Belanda, yang terkenal dengan Tri Komando Rakyat, atau Trikora. Keempat, idealisme dan komitmen Bung Karno yang amat kuat pada: nasionalisme dan persatuan bangsa; kedaulatan negara; serta kemandirian kita sebagai bangsa yang merdeka. Kelima, adalah teladan dan seruan beliau agar rakyat Indonesia menggelorakan semangat membaca, berpikir dan menuntut ilmu.

    Sementara itu, sosok dan peran sejarah yang penting dari Bung Hatta adalah :
    Pertama, beliau juga menyampaikan pikiran dan pidato yang mempengaruhi jalannya sejarah, antara lain : Pidato Indonesia Merdeka, 22 Maret 1928;  Pidato di Lapangan IKADA, 8 Desember 1942, yang membakar nasionalisme rakyat Indonesia; serta pemikiran utama tentang demokrasi, ekonomi dan koperasi.

    Kedua, kontribusi Bung Hatta dalam merintis dan mempertahankan kemerdekaan adalah : memimpin Delegasi Indonesia dalam Kongres di Perancis tahun 1926, yang memperkenalkan Indonesia; dan memimpin Delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag, 27 Desember 1945, sebagai pernyataan resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia. Ketiga, idealisme dan komitmen Bung Hatta yang amat kuat pada Hak-hak Asasi Manusia, demokrasi, dan koperasi sebagai pilar perekonomian nasional.

    Saudara-saudara, dengan semua hal yang melekat pada sosok kedua tokoh bangsa itu, beserta semua perjuangan dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara, maka sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan negara atas jasa-jasanya yang luar biasa, pemerintah memutuskan untuk menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Bung Karno dan Bung Hatta.

    Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional ini juga menegaskan bentuk pengakuan, penghargaan, penghormatan, dan ucapan terima kasih atas perjuangan dan pengorbanan beliau-beliau. Kita juga patut mengenang dan melestarikan nilai-nilai kejuangan yang telah diteladankan oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

    Kita tidak boleh melupakan sejarah yang telah ditorehkan dengan tinta emas oleh kedua Bapak Bangsa. Kita harus mengenang, meneladani, dan mewariskan semangat, cita-cita, dan perjuangannya kepada generasi penerus bangsa.

    Kita meyakini, masih banyak keteladanan, idealisme hingga gagasan pemikiran dari tokoh-tokoh bangsa baik Bung Karno dan Bung Hatta, maupun tokoh-tokoh yang lain di masa lalu, yang dapat kita pelajari dan kita jadikan sebagai sumber inspirasi bagi generasi sekarang dan generasi mendatang. Sudah sepantasnya kita menempatkan Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Pahlawan Nasional yang tetap dikenang sepanjang masa.

    Dengan segala kecintaan, penghormatan dan penghargaan kepada Bung Karno dan Bung Hatta, dan kepada siapapun para pemimpin dan pejuang bangsa, patutlah saya sampaikan bahwa setiap pemimpin, hakikatnya setiap manusia, di negara manapun, termasuk kita semua tentulah tidak luput dari kekurangan dan kelemahan.

    Tetapi, saya, dengan keteguhan berpendapat bahwa jasa, perjuangan, pengorbanan dan pengabdian kedua Pahlawan Nasional dan Tokoh Besar ini, Bung Karno dan Bung Hatta, jauh melampaui dan jauh lebih besar daripada kekurangan dan kelemahan beliau. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia, sebagai bentuk kecintaan, penghormatan dan penghargaan kepada kedua Bapak dan Guru Bangsa ini, kita tinggalkan segala stigma dan pandangan yang tidak positif, yang tidak perlu dan tidak semestinya.

    Sebenarnya rakyat Indonesia, melalui Majelis Permusyawaratan Rakyat, dengan ketetapannya, juga telah menghapuskan stigma yang tidak baik yang mungkin ada terhadap Bung Karno, Pahlawan dan Bapak Bangsa kita. Mari kita pedomani dan laksanakan apa yang menjadi kehendak rakyat itu. 

    Saya punya keyakinan, bahwa setiap pemimpin hakikatnya ingin berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negaranya. Setiap pemimpin memiliki  niat baik dan pikiran jernih untuk membuat bangsanya bersatu, rukun dan maju. Hal ini tentu ada pada sosok Bung Karno dan Bung Hatta. Sungguh, beliau berdua, adalah Pahlawan Nasional dan Tokoh Besar bangsa Indonesia.

    Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT menerima ibadah dan pengabdian beliau dalam memerdekakan dan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia.

    Terakhir, kepada Keluarga Besar Bung Karno dan Keluarga Besar Bung Hatta, atas nama pribadi, negara dan pemerintah, saya ucapkan selamat atas penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional ini.

    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Jakarta, 7 November 2012
    PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
    DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO       
    (Sumber :http://www.presidenri.go.id)

    Animasi pembentukan bayangan pada lensa cembung :

    SILABUS SD/MI
  • Silabus Kelas 1;
  • Silabus Tema Pengalaman Semester 1 
  • Silabus Tema Kegemaran Semester 1 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 1 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 1 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 1 
  • Silabus Tema Budi Pekerti Semester 1 
  • Silabus Tema Permainan Semester 2 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 2 
  • Silabus Tema Peristiwa Semester 2 
  • Silabus Tema Kesehatan Semester 2 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 2 
  • Silabus Tema Kebersihan Semester 2 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 2
  • Silabus Kelas 2;
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Diri Sendiri semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari semester 2
  • Silabus Kelas 3;
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
  • Silabus Kelas 4;
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Kelas 5;
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 2
  • Silabus Kelas 6;
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2