PERANGKAT PKM
LAPORAN PKM 
  • APKG I dan II 
  • RAT dan SAT 
  • KKO 
  • PDGK4403 PENDIDIKAN ANAK DI SD (41-50)

    SOAL 41-50

    IDevice Question Icon 41.
    Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
           
    A. 27
    B. 28
    C. 29
    D. 31


    IDevice Question Icon 42.
    Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
           
    A. gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
    B. tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
    C. pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
    D. dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA


    IDevice Question Icon 43.
    Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....
           
    A. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
    B. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
    C. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
    D. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah


    IDevice Question Icon 44.
    Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
           
    A. guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
    B. penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
    C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
    D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik


    IDevice Question Icon 45.
    Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
           
    A. berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
    B. memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa
    C. berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
    D. bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak


    IDevice Question Icon 46.
    Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
           
    A. memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
    B. memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
    C. memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
    D. memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat


    IDevice Question Icon 47.
    Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
           
    A. buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
    B. format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
    C. buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali
    D. buku pribadi dan map siswa


    IDevice Question Icon 48.
    Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
           
    A. menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
    B. mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
    C. pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
    D. cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah


    IDevice Question Icon 49.
    Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
           
    A. penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
    B. menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
    C. memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
    D. merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan


    IDevice Question Icon 50.
    Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
           
    A. mengulangi presentasi
    B. menjelaskan ulang kepada peserta
    C. mencatat perbedaan kesan ini
    D. mengevaluasi kegiatan presentasi

    Animasi pembentukan bayangan pada lensa cembung :

    SILABUS SD/MI
  • Silabus Kelas 1;
  • Silabus Tema Pengalaman Semester 1 
  • Silabus Tema Kegemaran Semester 1 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 1 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 1 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 1 
  • Silabus Tema Budi Pekerti Semester 1 
  • Silabus Tema Permainan Semester 2 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 2 
  • Silabus Tema Peristiwa Semester 2 
  • Silabus Tema Kesehatan Semester 2 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 2 
  • Silabus Tema Kebersihan Semester 2 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 2
  • Silabus Kelas 2;
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Diri Sendiri semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari semester 2
  • Silabus Kelas 3;
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
  • Silabus Kelas 4;
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Kelas 5;
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 2
  • Silabus Kelas 6;
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2