PERANGKAT PKM
LAPORAN PKM 
  • APKG I dan II 
  • RAT dan SAT 
  • KKO 
  • Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System)

    Manajemen Mutu Terpadu merupakan pendekatan manajemen untuk
    meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu semua komponen
    terkait (terpadu), diantara peserta didik, pendidik, kurikulum, PBM, dana, dan
    masyarakat. Manajemen mutu terpadu perlu diterapkan secara konsisten dalam
    pendidikan untuk menampilkan layanan pendidikan yang unggul dalam hal
    mutu, kompetitif terhadap sektor lain, dan iklim kompetitif yang perlu
    dihidupkan diantara institusi pendidikan (Sumarno, 2000).
    Istilah utama yang terkait dengan kajian Total Quality Management
    (TQM) ialah continous improvement (perbaikan berkelanjutan) dan quality
    improvement (perbaikan mutu). Oleh karena itu manajemen mutu terpadu
    merupakan salah satu strategi manajemen untuk menjawab tantangan eksternal
    suatu organisasi guna memenuhi kepuasan pelanggan.
    Pendapat Joseph C. Field yang dikutip Syafaruddin (2002) menyatakan
    bahwa untuk menerapkan manajemen mutu terpadu dalam pendidikan ada
    sepuluh langkah yang harus dilalui, yaitu : (1) mempelajari dan memahami
    manajemen mutu terpadu secara menyeluruh; (2) memahami dan mengadopsi
    jiwa dan filosofi untuk perbaikan terus menerus; (3) menilai jaminan mutu saat
    ini dan program pengendalian mutu; (4) membangun sistem mutu terpadu; (5)
    mempersiapkan orang-orang untuk perubahan, menilai budaya mutu sebagai
    tujuan untuk mempersiapkan perbaikan, melatih orang-orang untuk bekerja pada
    suatu kelompok kerja; (6) mempelajari teknik untuk mengatasi akar persoalan
    (penyebab) dan mengaplikasikannya tindakan koreksi dengan menggunakan
    teknik dan alat manajemen mutu terpadu; (7) memilih dan menetapkan pilot
    project untuk aplikasikan; (8) menetapkan prosedur tindakan perbaikan dan
    menyadari akan keberhasilannya; (9) menciptakan komitmen dan strategi yang
    benar mutu terpadu oleh pimpinan yang akan menggunakannya; dan (10)
    memelihara jiwa mutu terpadu dalam penyelidikan dan aplikasi pengetahuan
    yang amat luas.
    Arcaro mengembangkan konsep roda implementasi TQM dalam dunia
    pendidikan yang berisi 8 (delapan) unsur yakni: (1) Strategic Planning; (2)Communication; (3) Program measurements; (4) Conflict management; (5)
    Program Selection; (6) Program implementation; (7) Program validation; dan
    (8) Standards.
    Dengan menerapkan delapan unsur itu dalam dunia pendidikan dapat
    diperoleh dua manfaat yaitu (1) pendidikan selalu dapat menyesuaikan dengan
    tuntutan pengguna sehingga dukungan untuk perbaikan mutu tidak akan
    menemui kesulitan yng berarti; (2) Ukuran keberhasilan dapat ditentukan
    sehingga memudahkan pengukuran dan evaluasi tingkat keberhasilan dalam
    upaya peningkatan mutu pendidikan (http://lpmpbanten.net).
    1. Sistem penjaminan Mutu (Quality Assurance)
    Paradigma baru sistem manajemen pendidikan yang berorientasi mutu
    mengenal empat buah prinsip, yaitu (1) prinsip otonomi; (2) prinsip evaluasi; (3)
    prinsip akuntabilitas, dan (4) prinsip akreditasi. Paradigma baru sistem
    pendidikan tersebut dapat digunakan untuk semua lapis otoritas satuan
    pendidikan, seperti wewenang untuk self regulation pada prinsip otonomi dapat
    diterapkan pada lapis organisasi institusi satuan sekolah dan kelas. Namun harus
    selalu diingat bahwa dibalik otonomi ada akuntabilitas, dan penilaian kualitas
    dalam bentuk akreditasi. Akuntabilitas dalam self regulation ini mengisyaratkan
    tugas untuk melakukan perencanaan terhadap peningkatan kualitas secara
    berkelanjutan.
    Bentuk akuntabilitas pada otoritas sekolah kepada otoritas pusat atau bisa
    juga yayasan yang dikenal dengan penjaminan mutu internal (internal quality
    assurance). Upaya penjaminan mutu ini berupa pemberdayaan lapis unit
    akademik untuk melakukan peningkatan kualitas secara berkelanjutan berdasar
    pada perencanaan berbasis pada fakta yang diperoleh berdasar pada proses
    evaluasi diri.. Dalam sistem penjaminan mutu internal bidang akademik
    diupayakan untuk melakukan peningkatan kualitas secara berkelanjutan pada
    setiap unit akademik yang mengandung dua unsur, yaitu unsur operasional
    (rutin) dan unsur peningkatan kualitas. Pada tingkat unit akademik di sekolah,
    proses perencanaan peningkatan kualitas berdasar pada visi sekolah sebagai situasi masa depan yang hendak diwujudkan melalui analisis terhadap situasi
    lingkungan (environmental scanning) untuk cakrawala waktu 10 tahun ke
    depan. Melalui environtal scanning dapat dikenali situasi eksternal yang
    merupakan kesempatan dan yang merupakan ancaman (threat).
    Visi sekolah hendaknya dijabarkan dalam bentuk pernyataan misi atau
    tugas yaitu apa tindakan yang harus dilakukan, untuk siapa dan bagaimana
    tindakan itu dilakukan, serta mengapa tindakan untuk mewujudkan visi itu harus
    dilakukan. Pernyataan misi itu ada pada tingkat program, sehingga pernyataan
    misi sekolah menunjukkan keunikan program yang dihasilkan oleh program
    sekolah tersebut. Selanjutnya pernyataan misi dijabarkan dalam bentuk
    pernyataan tujuan yaitu situasi yang harus dicapai sebagai indikator
    keterlaksanaan misi dalam rangka mewujudkan visi.

    Selengkapnya unduh : http://www.4shared.com/office/3SPDV9nO/revitalisasi_peran_ps_sbg_qual.html
    Animasi pembentukan bayangan pada lensa cembung :

    SILABUS SD/MI
  • Silabus Kelas 1;
  • Silabus Tema Pengalaman Semester 1 
  • Silabus Tema Kegemaran Semester 1 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 1 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 1 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 1 
  • Silabus Tema Budi Pekerti Semester 1 
  • Silabus Tema Permainan Semester 2 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 2 
  • Silabus Tema Peristiwa Semester 2 
  • Silabus Tema Kesehatan Semester 2 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 2 
  • Silabus Tema Kebersihan Semester 2 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 2
  • Silabus Kelas 2;
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Diri Sendiri semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari semester 2
  • Silabus Kelas 3;
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
  • Silabus Kelas 4;
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Kelas 5;
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 2
  • Silabus Kelas 6;
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2