PERANGKAT PKM
LAPORAN PKM 
  • APKG I dan II 
  • RAT dan SAT 
  • KKO 
  • CINTANYA GURU KEPADA SISWANYA

    Nak, inilah aku bapak gurumu
    Sungguhpun cuma separuh langkah beda usia kita

    namun itu takkan surutkanku

    untuk bacakan masa-masa yang pernah kulalui.

    Saat aku menatap barisanmu di pagi itu,

    aku melihat tenaga-tenaga muda, jiwa-jiwa yang segar,

    tunas-tunas kecil yang akan menghidupi masa depan.

    Kau datang berseragam putih-merah ke tempatku bersama ayah, ibu atau sanakmu
    Banyak tanyamu kala itu, mungkin juga ada ragu..

    Inikah?

    Beginikah?

    Apakah?

    Mungkinkah?


    Mataku berbinar menatapmu,

    sambil disertai debaran jantung di dada, aku berujar,

    Tuhan, mampukan aku mengasah mereka dengan benar, dengan lembut.

    Sabarkan hatiku, teguhkan imanku..
    Tuhan, aku manusia lemah, tolong aku,

    agar disaat aku bersikap atau berkata keras pada mereka,

    jangan sampai hati mereka menjadi gentar, hilang keinginan untuk maju.

    Beri mereka pengertian, keterbukaan untuk menerima teguranku,

    sebab semua itu harus kulakukan walau kepiluan mendera”

    Nak,
    Tak jarang aku berulang kali bicara tentang masa depan untukmu…

    Aku memang bukan ayahmu, atau ibumu..

    Tidak akan lama aku mewarnai hari-harimu,

    setelah itu kau akan pergi sebab usia pertemuan kita tidaklah abadi.

    Tak pernah aku bermaksud merubahmu, hanya mengarahkan, menemani,

    menuntun dan membimbingmu…

    Aku berdiri dimuka ruangan itu, menatapmu satu per satu..
    Mengarahkan pandangan ke wajahmu..

    Melihat tatapanmu saat soal demi soal kau baca…
    Aku melihat beragam raut kau tunjukkan, optimis, bingung, sedih…

    Berkali bola matamu berputar, mencari sejumlah kata atau angka di otakmu.. taukah kau?

    Kembali hatiku berdebar, aku kembali berujar,

    ”Tuhan, aku menyayangi mereka!

    Aku mau mereka tumbuh, besar, hebat, sukses.

    Menjadi seperti yang mereka mau!

    Lebih dari aku!”

    sejenak kau ketuk-ketukkan alat tulismu,

    bingung sekali tampaknya engkau..
    Tersirat lirikan yang takkan pernah ingin kulihat lagi seumur hidupku..
    Tampak ragu, lugu, kadang acuh..
    Hatiku berkata sembari mengerling,,

    ”jangan lakukan!

    Jangan pernah..!”
    terbisik dihatiku,

    ”jangan membuatku melakukan hal yang tak pernah ingin aku lakukan..!”


    Ah, kau melakukannya..

    Lagi dan lagi dan lagi..

    Hingga akhirnya tatapan sinis terbentuk, seraut wajah ‘kejam’ mengemuka..

    Nak, percayalah, aku tidak pernah ingin melakukan itu..

    Demi kebaikanmu, masa depanmu aku melakukannya..

    Aku menegurmu, berkata keras terhadap apa yang kau perbuat..

    Aku sedih, aku takut, sebersit marahpun hadir…


    Camkanlah nak..

    ”Pembiaran terhadap pelanggaran adalah pembodohan generasi,

    tapi peraturan yang ditegakkan menyelamatkan banyak orang!”
    Jadi takkan pernah kubiarkan engkau berlaku salah dan berulang melakukannya!
    Aku tau, mungkin karena ini kau akan benci kepadaku,

    kau akan mencemoohku,

    enggan terhadapku..

    Percayalah,

    biar aku di benci tapi kau jadi pribadi yang lebih baik!

    Kalau tidak ada yang akan memainkan peranan itu,

    aku yang akan memainkannya!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Animasi pembentukan bayangan pada lensa cembung :

    SILABUS SD/MI
  • Silabus Kelas 1;
  • Silabus Tema Pengalaman Semester 1 
  • Silabus Tema Kegemaran Semester 1 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 1 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 1 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 1 
  • Silabus Tema Budi Pekerti Semester 1 
  • Silabus Tema Permainan Semester 2 
  • Silabus Tema Lingkungan Semester 2 
  • Silabus Tema Peristiwa Semester 2 
  • Silabus Tema Kesehatan Semester 2 
  • Silabus Tema Keluarga Semester 2 
  • Silabus Tema Kebersihan Semester 2 
  • Silabus Tema Diri Sendiri Semester 2
  • Silabus Kelas 2;
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Diri Sendiri semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari semester 2
  • Silabus Kelas 3;
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
  • Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
  • Silabus Kelas 4;
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
  • Silabus Kelas 5;
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 2 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 1 
  • Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 2
  • Silabus Kelas 6;
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
  • Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2